Senin, 03 Oktober 2016

Sistem Konsiyasi

TUGAS PRAKARYA 
SISTEM KONSIYASI


 1.Pengertian
     Konsinyasi adalah menitipkan produk Anda ke sejumlah toko dengan sistembagi hasil. Misalnya Anda memproduksi tas, Anda dapat menawarkan ke sejumlah toko untuk menitipkan tas Anda untuk dijual.

 2.Kelebihan dan Kekurangan
     
Keuntungan Penjualan Konsinyasi bagi Pemilik Produk :

Produk bisa dipasarkan leluasa di toko yang sudah memiliki pelanggan.Tidak perlu mengurusi atau berjualan langsung ke konsumen (turun langsung).Lebih bisa fokus mengelola kualitas produk.Apabila menggunakan SPG, nanti si SPG lah yang ada pengelola penjualan di toko penyalur.

Kerugian Penjualan Konsinyasi bagi Pemilik Produk :

Apabila pemilihan penyalur (Toko) tidak sesuai, maka produk bisa saja tidak laku atau harus menunggu lama untuk bisa laku.Kurang dipromosikan oleh pemilik toko jika pemilik produk tidak menyediakan SPG.Untuk mendapatkan keuntungan harus menunggu sampai waktu yang telah ditentukan, entah itu per bulan atau sesuai kesepakatan.

Related :   Arti Istilah Di Tracking Resi JNE

Keuntungan Penjualan Kosinyasi bagi Penyalur :

Mendapatkan keuntungan dari laba penjualan produk kosinyasiMinim resiko, karena jika tidak laku produk bisa dikembalikan ke pemilik produkHemat biaya terlebih jika pemilik produk menyediakan SPG, maka SPG dibayar oleh pemilik toko.Display produk di toko terlihat banyak

Kerugian Penjualan Konsinyasi bagi Penyalur :

hampir tidak ada

  3.Menurut anda, bagaimana strategi penerapan sistem konsinyasi yang baik apabila anda sebagai

Berikut proses pelaksanaan transaksi penjualan konsinyasi untuk toko skala besar :

1. Sebelum pemilik produk menempatkan produk ditoko, Awalnya akan dilakukan pembicaraan terlebih dahulu mengenai tempat untuk mendisplay produk pada area toko dan hal- hal lain yang dipandang perlu.
2.Pemilik barang akan memasang big wall (tidak wajib ), Rak dan sarasi lainnya untuk mendukung penjualan produk ditoko.
3.Pemilik barang akan mempersiapkan SPG guna mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas penjualan produk ditoko. Gaji SPG ditanggung pemilik barang yang menempatkan SPG tersebut.
4.Setelah poin 1, 2 dan 3 dilaksanakan, Kemudian pemilik barang akan mengirim barang untuk didispaly pada temapt yang sudah ditentukan untuk dijual kepada pengunjung toko. Disini peranan SPG dan dukungan dari pihak toko sangat sangat diperlukan.
5.Setelah terjadi penjualan dalam perhitungan satu bulan, Biasanya perhitungan dalam bulan dan bukan perhitungan jumlah hari.. Misal mulai dibuka tgl 7 Oktober, Pembayaran pertama yang dilakukan atas penjualan tanggal 7 Oktober sampai dengan tanggal  31 Oktober. Dan untuk pembayaran kedua dan selanjutnya atas penjualan dalam satu bulan penuh.

Pertimbangan pihak toko maupun pemasok memilih menggunakan penjualan konsinyasi

Bagi pihak toko : Penjualan konsinyasi resikonya lebih kecil, Karena produk yang dikirim merupakan produk titipan dari pemilik barang. Dan dari segi biaya tenaga kerja penjualan dicounter juga kan lebih sedikit, Karena pemilik produk sudah menempatkan SPG dengan biaya gaji dikeluarkan oleh pemilik produk. Bagi fihak pemilik produk : Penjualan konsinyasi memberikan keleluasaan kepada pemilik barang untuk mengatur barang, Dan dengan adanya SPG yang akan melakukan pelaporan penjualan setiap bulan, Pemilik produk bisa mengevaluasi keberhasilan produk dipasaran. Sehingga akan bisa menentukan strategi yang tepat dan sesuai situasi pasar saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar